Sabtu, 29 November 2008

Perbandingan Harga LINUX dan WINDOWS

a. Harga sebuah LINUX

            Linux, hampir semua linux gratis. Ya, Linux memang tercipta untuk mewujudkan kemudahan bagi semua orang. Memiliki sistem yang handal dan kinerja yang mumpuni, tidak kalah sama sekali dari Windows. Dengan dua jenis desktop utama yaitu KDE dan Genome, Linux-pun dapat dikatakan sangat user friendly, tampilan grafis antar muka-nya juga menawan, dan selalu mengalami pembaharuan, dan tentunya pembaharuan yang tetap diberikan secara cuma-cuma, melibatkan pihak manapun untuk menciptakan pembaharuan, menerima setiap bantuan dan memberikannya kembali kepada semua, dapat dikatak Linux adalah sebuah sistem yang lebih manusiawi. Anda tak akan perlu khawatir mengenai prgram-program untuk menulis, menghitung, membuat presentasi, desain grafik, multimedia, dll, karena semuanya sudah ada di Linux secara cuma-cuma. Tentu saja dengan sedikit trik, beberapa software windows juga dapat dijalankan di Linux dengan kelegalitasan yang terjamin.

            b. Harga sebuah WINDOWS

            Apabila dibandingkan dengan Linux tentu sangat jauh berbeda, system operasi ini tidak ada yang gratis. Harga sistem operasi windows untuk seri XP Home saja berkisar Rp 750.000,-an dan seri XP Preofesional sekitar US$ 150,00-an, apalagi seri Vista wah ... bahkan sampai Vista Ultimate yang paling mahal harganya mencapai US$ 400,00-an, nah itu pun baru sistem operasi, bagai dengan Office untuk mengetik dokumen, membuat presentasi,  database,  dan  lain  sebagainya.  Tentu  saja,  kini paket terlengkap Microsoft

System Office 2007 dapat Anda dapatkan dengan harga US$ 600,00-an. Belum lagi dengan program-program lainnya. Itu bisa membuat bangkrut seorang mahasiswa/pelajar bahkan sebelum dia sempat menikmati kinerja komputer barunya. Apakah ada program ini gratis, ya tentu saja, ada dua, yang pertama yang legal, namanya trial, jadi Anda diizinkan mencoba program-program dalam batas waktu tertentu (hari atau bulan) dan setelah itu Anda harus membelinya atau tidak bisa digunakan sama sekali. Yang kedua tentu saja yang tidak legal, tentu kita sudah tahu apa yang namanya program bajakan, karena mahalnya windows inilah masyarakat Indonesia lebih memilih program bajakan, konon lebih dari 90% komputer dengan sistem operasi windows di Indonesia tidak menggunakan program yang genuine.

 

0 komentar:

Template by:
Free Blog Templates